Jumat, 07 Maret 2014

Setiap order ekspor HARUS CLEAR (1)

Sedikit sharing ketika saya mendapatkan order kopi dari Russian Federation. Perlu diketahui Orang Rusia bukan peminum kopi, namun karena KOPI begitu sangat mendunia, mereka juga mulai melirik ingin coba coba minum dan bisnis kopi di negaranya.

berkaitan dengan karakter setiap bangsa yang berbeda beda, maka dalam hal perdagangan luar negeri penjelasan perihal produk tata cara pembayaran dan syarat kondisi yang lain harus detil dan jelas.

Produk kopi pada umum yang saya ketahui sampai saat ini.
Green Bean : Biji kopi mentah
Roasted Coffee: Biji yng sudah di sangrai
Ground Coffee: Kopi Bubuk / kopi yg ada ampasnya (kopi tubruk)
dan ada yang lain
Instant Coffee : Bubuk yang larut dalam air panas

Customer Rusia ini sangat antusias  karena harga kopi yg menurut mereka sangat murah dibanding biaya kirimnya ( Indonesia-Rusia) seperti email yg saya kutip
"quote
Dear Hindra,
Thanks for the information. in the coming days, I will give information on
the exact order.
the cost of your coffee is great, postage is expensive. I need to think a
little.

kind regards
unquote" 

Produk yang dia butuhkan adalah:
Green coffee
Green ground coffee

yang menjadi dispute adalah Green Ground Coffee, akhirnya terjadi
diskusi yang agak panjang perihal Green ground Coffee, karena menurut
saya sebutan Green Ground Coffee belum familiar.

Akhirnya saya mengirimkan gambar  contoh
Green Bean Coffee
Ground Coffee
Roasted Coffee

Dia segera membalas dengan kalimat yang mengejutkan juga....." Kopinya kok warnanya coklat????"
dia akhirnya kirim gambar Green Ground Coffee , yaitu bubuk kopi yang berwarna hijau. saya paham sekali dan mencari referensi di Internet.
bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar