Minggu, 09 Maret 2014

Setiap order ekspor HARUS CLEAR (2)

...lanjutan..
Yang dibutuhkan oleh calon customer dari Rusia adalah Kopi bubuk hijau, atau kopi mentah yang belum di roasting dan dijadikan bubuk.
saya cek di Internet, kopi bubuk hijau bermanfaat untuk diet, dan beberapa produsen di luar negeri banyak yang memproduksi.

Untuk membuat biji mentah menjadi bubuk bukan perkara gampang, karena keras dan uletnya biji kopi mentah luar biasa, sangat berbeda dengan biji mentah jagung, kedelai dan rempah lainnya. sangat berbeda. jadi sulit untuk dijadikan bubuk.
Alat grinding kopi saya tidak mampu untuk menggiling biji kopi mentah tersebut. wah dapat order kok ya sulit mengerjakannya.
Akhirnya dengan terpaksa saya bilang ke dia, bahwa akan saya kasih diskon 25% dari harga terakhir, asal kamu produksi di Russia.

eh.. dia jawab
"Dear Hindra
Thank you for your cheerful offer, but we haven't any possibilities
to ground it by ourselves. We can buy your coffee even 25% 
expencier,but we need you to ground it by yourself and pack 
it in 250 gram packs. Do we have any chances to make our deal?"

mau tidak mau.. saya harus hard work untuk cari akal agar bisa dapat order ini, setelah cari referensi akhir ketemu alat DISK MILL, penghancur biji biji mentah. AKhirnya order saya terima, dia transfer uang 100% ke account saya.

Saya coba trial alat mesin itu di pasar, yg biasa orang orang punya jasa penghancur biji itu, ternyata benar, kopi mentah sangat sulit dihancurkan, dan membutuhkan waktu yang lama. kurang lebih 1 kilo butuh waktu hancur 1 jam lebih. hehehe

akhirnya aku beli alat diskmill itu dan mulailah produksi untuk menghancurkan kopi itu....butuh waktu berhari hari.....
at last semua kopi terkirim dalam 2 x shpment

Yang perlu diperhatikan adalah..setiap terima order dari Luar Negeri..kita harus mengerti , dan jelas, apa yang mereka butuhkan, jangan sampai salah menjalankan order, karena mengingat jarak tempuh yang relatif jauh, jika ada claim, tentu akan kesulitan dalam menghandle.

Khususnya dalam hal pembayaran dengan Letter of Credit, kita harus paham betul agar tidak terjadi dispute, sehingga LC perlu di amend atau kita salah dalam menafsirkan maksud dari pemberi order.

semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar