Minggu, 02 November 2014

Menseleksi calon buyer berdasarkan Negara nya.

Produk Makanan dan Minuman sangat rawan untuk dijadikan sasaran buyer buyer abal abal dari luar negeri, yang ujung ujungnya adalah meminta sample produk makanan dengan berbagai alasan, untuk tester , untuk test sample di laboratorium, FDA,Nafdac dll, apalagi buyer yang minta sample tersebut dari negara Benin,Togo,Nigeria dan sekitarnya. 
Bagi Rekan Rekan UMKM yang baru tampil mempromosikan usahanya di pasar internasional, melalui internet atau pameran, tentu sangat bergembira, ketika mendapat email inquiry dari calon buyer.  ya rekan UMKM harus berbangga bahwa dari sekian juta perusahaan di luar negeri, perusahaan Anda dengan iklan / promosi tersebut mendapatkan perhatian dari calon buyer.

Namun rekan rekan UMKM juga harus mempunyai kewaspadaan terhadap buyer buyer yang memhubungi Anda, karena bisa jadi buyer tersebut abal abal... salah satu cara dari berbagai cara untuk mengidentifikasi bahwa buyer ini serius atau abal bisa di lihat dari negaranya (tidak semua buyer).

Identifikasi calon Buyer dari Negara.
berdasarkan pengalaman saya beberapa  customer dari negara  seperti, Benin, Togo, Nigeria selalu saya waspadai, bukan berarti saya langsung reject email mereka.  Saya akan merespond inquiry dari calon customer dari negara negara tersebut, dan pada akhirnya tidak saya lanjutkan kalau saya sudah memastikan bahwa mereka buyer abal abal.

Identifikasi calon buyer dari IP Address internet berbeda dengan alamat office.
Kalau  rekan UMKM aktif mengiklankan di salah satu marketplace internasional seperti Alibaba, setiap pesan yang kita terima via email, system Aliaba akan meng identifikasikan bahwa.
Registered Location tidak sama  IP Addres dimana email dikirim



Indentifikasi calon buyer melalui Negara dan ketidak samaan register location dan IP Address bukan harga mati, dan jangan di sama ratakan, hanya perlu di waspadai. Karena bisa jadi dari negara tersebut Anda akan mendapatkan Buyer yang potensial.

Tetap Semangat..Ayo Ekspor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar