Selasa, 21 Oktober 2014

Jika Step ini terlampaui...Insya Allah Anda bisa segera Ekspor...

kalau bertanya kepada rekan UMKM,  bagian mana dalam memulai ekspor yang dianggap sulit..., tentu berbagai jawaban akan muncul..salah satunya adalah
1. Bahasa Inggris jelek
2. Prosedur ekspor belum tahu
3. Belum tahu metode pembayaran internasional
4. Belum mengerti Dokmen Ekspor
5. Belum paham Letter of Credit...
6. Menyiapkan modal untuk ekspor
7. Mencari Pembeli

Tahukan Anda beberapa berapa kesulitan kesulitan yang sering disampaikan oleh Peserta Pelatihan ternyata bukan suatu bagian yang sulit, apalagi setelah mengikuti Pelatihan Ekspor.

Pada dasarnya menjual barang di pasar ekspor sama dengan menjual barang di pasar lokal. Saya analogikan
bagaimana menjual topi ini ke pasar luar negeri? bagi kita yang ingin membeli topi ini baik di pasar atau di Mall Mall, cukup melihat, meraba, mencoba, cocok barangnya dan harganya..ambil. simple..

Bagaimana calon pembeli kita misal di USA, yang berminat beli topi Golf dan tertarik dengan Topi yg kita tawarkan. apa  yang harus kita berikan informasi kepada calon Pembeli kita.

Agar kesan pertama dalam melihat promo penjualan membuat Importer tertarik, maka eksporter harus memberikan informasi yang sangat komplit.. Eksporter harus memberikan specsification/ deskripsi yang jelas tetang produk tersebut. misalkan:
1.Bahan topi
2. Ketersediaan warna
3. Ketersediaan model
4. Ukuran, (Lingkar kepala, tinggi, dan panjang topi)
5. Bahan Pendukung.
6. Tampilkan photo photo  produk berbagai sisi dan orisinil produk eksporter.
7. Kemasan, box, plastik dll
8. dll

point ini yang kami anggap bagian tersulit, karena bagi eksporter yang mempunyai sedikit item yang dijual, tentu bukan masalah, tetapi bagi yang mempunyai berpuluh puluh item, harus sabar meng update dan mengisi keterangan tersebut satu persatu. selain itu dalam mempromosikan di Marketplace (tentu tidak hanya 1 Market Place), eksporter harus meng key in satu per satu.

Seringkali dalam Point ini rekan rekan UMKM banyak yang belum siap, jika bagian ini sudah disiapkan dan ditampilkan diberbagai media internet/Market Place,  percayalah Anda akan segera mendapatkan respond dari calon buyer dari lokal mapun luar negeri....

Jika sebaliknya bagian ini tidak Anda lakukan..mungkin ekspor tidak akan pernah terjadi .

Just do it  tetap semangat...Ayo Ekspor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar