Kamis, 09 Oktober 2014

Trade Show sebagai ajang mencari Buyer Potensial??

Sejak Tanggal 08 Oktober  s/d 12 Oktober, Indonesai menggelar Trade Show  yang dikenal dengan Trade Expo Indonesia 2014 berlokasi di Jakarta International Expo ( JIEX) Kemayoran Jakarta.

Kami sarankan semua pebisnis khususnya UMKM agar hadir mengunjungi Trade Show tersebut, karena akan banyak manfaat yang diperoleh di sana , selain itu sebagai Visitor tidak ada charge entry alias Gratis, namun sebaiknya membawa Kartu Nama /Card Name sebagai tanda pengenal kita.

Trade Show atau Pameran Dagang adalah salah satu cara untuk mencari Pembeli yang sangat efektif, lokasi Trade Show bisa di Indonesia maupun di Luar Negeri.  

Agar dalam mengikuti Trade Show bisa sesuai dengan harapan, maka diperlukan pengetahuan mengenai Trade Show itu sendiri, di antaranya:

Bagi Eksporter/ maupun calon eksporter untuk mengikuti Trade Show harus  bisa mengetahui, apakah Trade Show yang akan diikuti adalah Trade Show kategori Business to Business (B2B) atau Business to Retail (B2R)
Sebagai contoh :
TEI 2014 adalah Trade Show B2B
Pekan Raya Jakarta adalah Trade Show B2R

Artinya, jika Anda ingin ikut pameran dengan tujuan produk anda laku dalam penjualan retail, maka disarankan ikut Trade Show yg B2R. tetapi
kalau Anda ingin mendapatkan Customer luar Negeri tentunya dengan penjualan besar dan membuat kerjasama yg lama (Business Relationship) maka Trade Show B2B adalah langkah yang tepat. dalam arti Anda pada saat mengikuti Trade Show bisa mendapatkan order besar, dan follow up transaksi setelah kegiatan Trade Show.

Kegiatan B2B dgn Delegasi Jepang
TEI memberikan ruang  dalam B2B yang cukup besar, dimana para Exhibitor bisa mempresentasikan produknya di hadapan langsung calon buyer dari berbagai negara.

Jadi kalau Anda mengikuti Trade Expo Indonesia tanpa mengikuti acara B2B meeting, ya sangat disayangkan.

Minimal target dalam mengikuti Trade Show adalah 
Presentasi kopi dgn visitor Palestina
1.Bagaimana caranya agar Booth/Stand kita banyak didatangi pengunjung luar negeri (Visitors)
2. Bagaimana caranya para Visitor tertarik dan meminta kartu nama Anda dan sebaliknya Anda juga banyak mengumpulkan Kartu nama Visitor untuk di follow up.

Jika Booth Anda tidak pernah dikunjungi oleh Customer Luar Negeri atau Kartu Nama Anda utuh tidak ada yg minta, atau sebaliknya Anda tidak mendapat kartu Nama dari Visitors, maka  pada tahun tahun yang akan datang, Anda harus memperbaiki cara bagaimana mengikuti Trade Show yang baik dan benar.
 

Selain Ekspor, dalam TEI 2014 sangat memungkin  atau mempunyai Peluang Besar mendapatkan pelanggan lokal, karena pengunjung yg lokal juga cukup banyak, dan biasanya pada hari hari terakhir, para Exhibitor menjual barang barangnya secara retail, apalagi produk produk yg relatif besar seperti mebel dll, akan dijual murah... (hitung hitung untuk mengurangi biaya angkut)

Jadi Silahkan Kunjungi TEI 2014 di PRJ Kemayoran Jakarta.....In sha Allah besok tgl. 10 Oktober saya mendapat undangan untuk ikut interaktif dialog dengan Delegasi Taiwan, Korea, walaupun saya bukan Exhibitor.... ngikut saja.. siapa tahu dapat order...

Tetap Semangat


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar