Rabu, 12 Juni 2013

Kenapa ada perdagangan internasional?

Setiap negara berbeda dengan negara lainnya ditinjau dari sudut sumber alamnya, iklimnya, letak geografisnya,penduduk,keahliannya,tenaga  kerja, tingkat harga,keadaan struktur ekonomi dan sosialnya.

Perbedaan perbedaan itu menimbulkan pula perbedaan perbedaan barang yang dihasilkan, biaya yang diperlukan,serta mutu dan kuantumnya. Karena itu mudah dipahami adanya negara yang lebih unggul dan lebih istimewa dalam memproduksi hasil tertentu.

Hal ini dimungkin karena ada barang yang hanya dapat diproduksi di daerah dan pada iklim tertentu atau karena suatu negeri mempunyai kombinasi kombinasi produksi lebih baik dari pada negara lain, sehingga negara itu dapat menghasilkan barang yang lebih bersaing.

Bilamana keunggulan suatu negara dalam memproduksi suatu jenis barang disebabkan faktor alam, maka negara itu disebut mempunyai " keunggulan mutlak"/absolute advantage.

Bilamana suatu negara dapat memproduksi suatu jenis barang lebih baik dan lebih murah  karena disebabkan  kombinasi faktor produksi (alam,tenaga kerja,modal dan manajemen) maka negara itu meampunya keunggulan juga yang disebut "keunggulan dalam perbandingan/ comperative advantage"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar