Minggu, 08 Januari 2012

Metode Pembayaran Open Account

Metode Pembayaran Open Account
Mudahnya disebut juga TT After Shipment.

Pada umumnya metode pembayaran ini digunakan oleh kedua belah pihak dengan alasan alasan tertentu.
1. Exporter dan Importer masih dalam 1 group
2. Fasilitas yang diberikan oleh Exporter kepada Importer (biasanya atas permintaan Importer) karena ke 2 belah pihak telah menjalin hubungan bisnis yang cukup lama, dan saling menguntungkan, sehingga atas kepercayaan tersebut, pihak Importer bisa mendapatkan fasilitas credit dari Exporter dengan model pembayaran Open Account.

Kapan jatuh tempo pembayaran ditentukan?
Mengenai jatuh tempo pembayaran Open account di atur sbb:
a. Pembayaran TT After Sight 
b. Pembayaran TT  x days after BL date
Keterangan:
point a:
Importer melakukan pembayaran sesegera mungkin (at sight) setelah dokumen shipping diterima, waktu yang relevan biasanya antara 07 - 14 hari dari tgl BL/Pengapalan
Point b :
Importer akan melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo yg disepakati, misalkan TT 30,45,60 days after BL Date


Mengingat resiko tidak terbayarnya barang yang sudah dishipment dengan pembayaran Open Account, maka pihak Exporter harus ketat dalam memberikan fasilitas tersebut. untuk Customer/buyer baru tidak disarankan menggunakan metode pembayaran ini.
Selain itu, untuk mengantisipasi tidak terbayarnya colletion tersebut, seyogyanya Exporter mempunya Branch/Agent yang bisa membantu dan bertindak atas nama exporter untuk menagih tagihan tersebut.

Alur/skema transaksi menggunakan TT After shipment/Open Account.



Metode pembayaran Open Account bagi Eksporter adalah:
a.Adanya kepercayaan penuh Eksportir terhadap Importir
b.Barang dan Dokumen pengapalan dikirim langsung kepada Importir
c.Eksportir mempunyai likuiditas yang baik

Demikian jika ada yg kurang jelas atau perlu dikoreksi, beri komentar.
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar