Senin, 16 Januari 2012

4 (Empat) Pilar utama Trade Finance

Pembiayaan Perdagangan  menghandle secara khusus keuangan yang berhubungan dengan transaksi impor dan ekspor. Dulu kala, hanya bank-bank besar, lembaga keuangan internasional dan lembaga pemerintah telah terlibat dalam pembiayaan perdagangan. Namun sekarang, semakin banyaknya perkembangan tehnologi khususnya internet, telah melahirkan perdagangan global yang melibatkan perusahaan kecil, menengah. dan tehnologi internet,membantu memfasilitasi perdagangan internasional.




Ada 4(empat) pilar utama dalam Trade Finance
1.Payment / Pembayaran
Mengaktifkan dan memfasilitasi pembayaran di seluruh dunia. Sebagai contoh, bank dan lembaga keuangan  di seluruh dunia adalah anggota dari SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication). Organisasi ini berbasis di Brussels memfasilitasi transfer dana untuk transaksi bisnis internasional. Instrumen pembiayaan perdagangan juga mendefinisikan kondisi pra-diatur pembayaran dan melindungi baik eksportir, importir atau keduanya terhadap non-kinerja penipuan, dan risiko lainnya
2. Risk Mitigation
Setiap bisnis yang memilih untuk terlibat dalam perdagangan internasional akan memiliki beberapa resiko. Meskipun demikian, mereka juga akan tertarik untuk meminimalkan dan mengurangi resiko bahwa sejauh mungkin. Instrumen keuangan perdagangan dan jasa membantu memungkinkan risiko ini harus dikelola dengan baik. Secara umum, risiko dalam perdagangan internasional jatuh ke dalam 3 kategori:

Country Risk - seperti kerusuhan, revolusi, krisis keuangan di negara pihak lain.
Commercial Risk - kepailitan, non-kinerja, dll, baik dari pihak lain atau bank.
Currency Risk - Fluktuasi nilai tukar dapat mengubah transaksi layak menjadi pembuat kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar