Sabtu, 02 Mei 2015

Jadikan Perusahaan Anda Besar.....besar dimata Calon Konsumen Anda, (bagian 2)

Apakah ada perbedaan dalam kalimat ..." Jadikan Perusahaan Anda Besar..besar dimata calon Konsumen Anda"  dengan 
" Jadikan Perusahaan Anda "Kelihatan" Besar ..besar dimata calon Konsumen".?

mungkin sama analognya dengan.. orang  lain menganggap kita adalah orang terhormat... sama dengan orang lain mengangap kita kelihatan terhormat.

Corporate Image sangat penting....,kita harus menampilkan citra perusahaan tidak hanya kelihatan besar... atau konsumen menganggap kita perusahaan besar, in future......
Kita bermimpi Perusahaan kita adalah perusahaan Besar....
- Kantor/ pabrik besar
- Karyawan Banyak
- Gudang Besar
Kita dengan bangga menyambut customer luar negeri yang akan visit ke perusahaan kita,  Welcome at our company.....dan Anda mengajak tour ke lokasi/area usaha kita. Customer akan sangat senang dengan keramah tamahan kita, dan melihat aktifitas kegiatan usaha kita.

Namun, kalau perusahaan kita masih kecil,lokasi/ruang kerja  di kamar, ruang tamu atau garasi mobil. Apakah kita berpikir yang kita usahakan juga harus kecil kecil saja.

Nah inilah kelebihan berbisnis Ekspor...
untuk memulai ekspor tidak dibutuhkan tempat usaha yang besar, punya department ekspor sendiri,marketing ekspor dll.

Yang dibutuhkan dalam berbisnis ekspor adalah
1. Mutu produk yang bagus
2.Harga yang kompetitif
3.Bisnis yang berkelanjutan
4. Service yang baik, before and after sales

Artinya agar perusahaan kita di anggap besar oleh customer kita diluar negeri atau lokal adalah tunjukan "cara kerja kita yang profesional" mulai menjawab email dan memberikan quotation dan lain

Tidak dipungkiri bahwa corporate image sangat penting, artinya ada tipikal customer
1.Customer menganganggap kita perusahaan besar, customer juga mengharapkan perusahaan kita benar benar besar, tidak hanya..cara kerja kita yang professional.
2. Customer menganganggap besar karena melihat cara kerja kita besar.

Pernah ada calon customer ingin visit dan melihat proses produksi (roasting kopi),  saya sih berharap mereka cukup pesan saja, ntar kopi sangrai saya kirim. namun apa dikata mereka tetap ingin melihat dan berkunjung ke tempat kami ( rumah kami ketika masih produksi di depok).

Ada juga customer dari Hongkong (suami istri) ingin berkunjung kekantor kami, dengan jujur saya sampaikan silahkan datang ke kantor kami, saat ini kami masih pinjam tempat di cibinong (pabrik karton) milik sahabat baik saya Bapak Khemo Sabnani.
Mereka ingin membeli kopi, namun yang mereka lihat sekeliling perusahaan adalah tumpukan karton bukan tumpukan karung kopi.

mengantar customer Australia ke sumber kopi
Ada juga dari Australia, ingin mengetahui sumber kopi yang saya jual, maka saya ajak mereka ke tempat supplier kopi.

Kita sangat menyadari bahwa corporate image sangat penting, namun kita juga harus jujur dalam menyampaikan profil kita kepada Customer.

Masalah mereka jadi order atau tidak itu bukan wewenang kita, Allah juga campur tangan dalam urusan ini. Just info, saja customer Hong Kong dan Australia akhirnya order ke kami juga.

Namun ada juga customer  lokal yang menampilkan kesan tidak happy,karena diluar ekspektasi mereka, saat mereka berkunjung ke tempat kami. justru customer luar negeri yang meng apresiasi dan order kopi karena mereka tahu cara kerja kita.

Kembali ke paragraf pertama, kalau customer menganggap perusahaan kita besar, maka perusahaan kita memang benar benar besar, karena bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oelh customer besar kita.

kalau perusahaan kita " kelihatan besar" saja, bisa jadi tampilan kita saja, yang besar. ketika dapat order besar...kita tidak bisa memenuhi...

Jadi, rekan rekan yang memulai berbisnis ekspor, baik selaku produsen maupun trader, bisa jadi saat ini usaha Anda masih kecil, tempat usaha Anda masih kecil namun jangan berkecil hati untuk memulai ekspor, tunjukan cara kerja kita yang professional, agar customer kita menganganggap perusahaan kita adalah perusahaan besar dan bertransaksi besar.

Tetap Semangat Ayo Ekspor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar