Minggu, 05 April 2015

Sudah siapkah menerima pembayaran Letter of Credit atas order ekspor Anda???

Metode pembayaran Letter of credit / LC / Credit paling umum digunakan dalam transkasi ekspor impor. karena letter of credit memberikan ruang keamanan bagi ke 2 belah pihak, eksporter dan importer, sebagaimana fungsi letter of credit yang pernah saya tulis lalu. (keuntungan menggunakan lc bagi exporter dan importer)

Namun Letter of credit juga memberikan peluang / jebakan dalam bertransaksi apabila, salah satu pihak belum memahami dengan sungguh sungguh, bagaimana mengaplikasi letter of credit dalam bertransaksi.
perlu diketahui narasi dari letter of credit adalah berupa bahasa bahasa hukum internasional, dengan format yang sudah di standardkan oleh para pakar bisnis / praktisi perbankan Internasional yang berkumpul dalam organisasi ICC ( International Chamber  of  Commerce ) kamar dagang internasional yang berkantor pusat di Paris

Oleh karena itu, bagi calon eksporter pemula ketika dalam negosiasi  tentang pembayaran dengan letter of credit ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
1. Seberapa besar nilai transaksi dalam pembayaran LC tersebut.
2. Seberapa besar kemampuan modal sendiri untuk melakukan produksi atau persiapan barang
3. Seberapa besar kemampuan Anda dalam memahami Letter of credit.

oleh karena itu, ketika memasuki ruang nego terkait dengan pembayaran dengan persyaratan LC, apabila Anda belum mempunyai kekuatan seperti di atas. disarankan jangan mengambil keputusan terlebih dahulu , alangkah baiknya  mendiskusikan terlebih dahulu kepada
1.Rekan bisnis yg sudah berpengalaman dalam lc
2. Perbankan  bagian Letter of credit
3. Praktisi atau trainer yang paham dengan trade finance.

Pada prinsipnya memahami letter of credit  dan membuat dokumentasi ekspor yang disyaratkan oleh letter of credit itu sangat mudah, sudah kami buktikan ketika kami memberikan private  kepada 2 ( dua) perusahaan ekspor, untuk memberikan sharing tentang letter of credit operational,kepada staff mereka, dalam waktu relatif singkat mereka sudah bisa membuat dokumen ekspor dengan baik.

Jadi tidak perlu takut, ketika menerima order dengan pembayaran LC,Anda cukup tanya kanan kiri tentang LC dan solusinya tangkap saja peluang bisnis itu.

Tetap Semangat Ayo ekspor

Diskusi dan sharing dalam memahami LC dan membuat dokumentasi LC



Tidak ada komentar:

Posting Komentar