Jumat, 26 September 2014

UMKM yang bersemangat untuk Ekspor Kerupuk Rumput Laut



Siang tadi saya berkunjung ke rumah usaha milik ibu Sariyah di Sawangan Baru Depok.  bu Sariyah saat ini memproduksi krupuk berbahan baku dari Rumput laut. yang diberi label Kerupuk Rumput Laut Sumber Rizki.

Kerupuk Rumput Laut mempunyai aneka rasa
Rasa Bayam
Rasa Jagung
Rasa Keju
Rasa Tempe

dengan pilihan aneka rasa yang berbeda, diharapkan konsumen penikmat kerupuk bisa mencicipi gurihnya hidangan ini.

Bu Sariyah termasuk wanita bisnis yang ulet, dengan memulai usaha dengan modal awal Rp. 200 ribu, akhirnya mulai bisa membangun ruang kecil khusus untuk memproduksi kerupuk Rumput laut.

Perijinan
Sebagai Home Industri P-IRTP no. 2063276010175-19
Halal ( sedang diproses sertifikatnya)
Pemasaran
Sejauh ini pemasaran masih berkisar Jabodetabeka, untuk distribusi produk bisa dikirim atau di antar sendiri berboncengan sepeda motor dengan suaminya

Networking
Bu Sariyah ini mempunyai talent dalam mendistribusikan produknya, salah satunya adalah meningkatkan Networking bisnis, mengikuti Pelatihan Pelatihan, Asosiasi ( ikut sentra UKM UI), dengan aktifnya bergabung dengan kelompok/lembaga pelatihan/penyuluhan,  akhirnya mengantarkan Kerupuk Rumput lautnya berkenalan dengan modern market ( Carefour), menurut bu Sariyah sudah mengajukan proposal untuk menjadi supplier kerupuk rumput laut di modern Market tersebut.

Peluang Ekspor
Bu Sariyah sangat minat sekali dan berharap agar produknya juga bisa ekspor, namun karena keterbatasan pengetahuan, minta bantuan siapapun yg bisa melakukan ekspor produk kerupuk rumput lautnya. ( Ekspor tidak langsung)









1 komentar:

  1. assalamualaikum saya mahasiswa undip daru UPK Seaweed yang bergerak dibidang pengembangan rumput laut, jika boleh tau adakah kontak yang bisa dihubungi dari industri rumahan ini? terimakasih

    BalasHapus