Selamat tahun Baru 2015
Semoga di tahun 2015 ini, semakin banyak rekan rekan UMKM berminat dan menjalankan / mengembangkan pemasaran yang lebih global..Ekspor.
Beberapa faktor dan indikator kenapa kita harus ekspor?
(Bagian 1)
1. Komoditas Tradisional
Sejak jaman dulu, Indonesia adalah surga komoditas yang berbau alam, pertanian, perkebunan dll. Pala, merica, cengkeh, kopi dll adalah tanam surga Indonesia, oleh karena itu, sejak jaman dulu komoditi ini sangat diminati oleh orang orang luar negeri. dari jaman Penjajahan Belanda hingga sekarang, Indonesia sebagai rujukan negara negara yang ingin impor komoditi tersebut.
Kekuatan Komoditi ini menjadi Icon Indonesia? ketika para importer ingin impor komoditi tersebut... tentu ingat Indonesia.
Komoditi tersebut sudah mempromosikan dirinya sendiri.
Jika daerah dan sekitar Anda mempunyai keunggulan mutlak tersebut, pelajari komoditi tersebut dan lakukan ekspor... karena Negara Indonesia mempunyai Keunggulan Mutlak (Absolute advantage) dari Sumber daya Alam.
,
2. Penelusuran Pasar:
- Jika Penetrasi pasar lokal usaha Anda, secara signifikan sudah kuat sehingga untuk peningkatan pangsa lokal sudah tidak menunjukan perkembangan lagi
- atau Penetrasi pasar lokal Anda masih belum kuat ( sulit untuk meningkatkan pangsa pasar lokal)
kami sarankan Anda menambah pasar Anda selain lokal juga pasar internasional (ekspor)
karena ada begitu banyak Pelanggan di Luar Negeri yang bisa di raih hanya melalui Ekspor....
Semoga di tahun 2015 ini, semakin banyak rekan rekan UMKM berminat dan menjalankan / mengembangkan pemasaran yang lebih global..Ekspor.
Beberapa faktor dan indikator kenapa kita harus ekspor?
(Bagian 1)
1. Komoditas Tradisional
Sejak jaman dulu, Indonesia adalah surga komoditas yang berbau alam, pertanian, perkebunan dll. Pala, merica, cengkeh, kopi dll adalah tanam surga Indonesia, oleh karena itu, sejak jaman dulu komoditi ini sangat diminati oleh orang orang luar negeri. dari jaman Penjajahan Belanda hingga sekarang, Indonesia sebagai rujukan negara negara yang ingin impor komoditi tersebut.
Kekuatan Komoditi ini menjadi Icon Indonesia? ketika para importer ingin impor komoditi tersebut... tentu ingat Indonesia.
Komoditi tersebut sudah mempromosikan dirinya sendiri.
Jika daerah dan sekitar Anda mempunyai keunggulan mutlak tersebut, pelajari komoditi tersebut dan lakukan ekspor... karena Negara Indonesia mempunyai Keunggulan Mutlak (Absolute advantage) dari Sumber daya Alam.
,
2. Penelusuran Pasar:
- Jika Penetrasi pasar lokal usaha Anda, secara signifikan sudah kuat sehingga untuk peningkatan pangsa lokal sudah tidak menunjukan perkembangan lagi
- atau Penetrasi pasar lokal Anda masih belum kuat ( sulit untuk meningkatkan pangsa pasar lokal)
kami sarankan Anda menambah pasar Anda selain lokal juga pasar internasional (ekspor)
karena ada begitu banyak Pelanggan di Luar Negeri yang bisa di raih hanya melalui Ekspor....
Tetap Semangat Ayo Ekspor
(bersambung..)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar