Minggu, 13 April 2014

Bisa nggak ya produk saya di ekspor???

Pertanyaan umum yang sering terlontar adalah
- Apakah produk saya bisa di ekspor?
- Menjual produk di pasar lokal saja sulit, apalagi ekspor?

Bagaimana dengan pertanyaan Anda?

Semua pertanyaan wajar untuk di diskusikan tentunya  kepada siapa juga kita bertanya? kalau kita bertanya kepada pengusaha lokal tentang peluang ekspor ada beberapa variasi jawaban
1.Type Pengusaha lokal yang masih harus berjuang mendapatkan pasar lokal, tentu jawabannya
..boro boro ekspor, lokal saja masih sulit
2. Type Pengusaha yang penetrasi pasar lokal sudah kuat, akan di jawab, kenapa harus ekspor? lokal saja kami kewalahan melayani.

Pertanyaan lagi  Kenapa Ekspor??
  1. Ekspor adalah salah cara untuk meningkatkan atau memperluas portfolio perusahaan dan basis pelanggan, ada banyak begitu konsumen di dunia dan hal itu hanya bisa dijangkau dengan ekspor. Percaya atau tidak, banyak eksporter berasal dari perusahaan kecil dan menengah. 
  2. Dalam kegiatan ekspor tidak harus bermodal besar ataupun memerlukan department  pemasaran  dengan armada penjualannya. Namun yang dibutuhkan adalah harga yang kompetitif,  kualitas produk, ketersediaan produk yang terus menerus dan service. 
selain itu ada faktor lain yg ikut mempengaruhi  mendorong ekspor?



1. Komoditas Tradisional

Biasanya sebuah perusahaan memproduksi suatu komoditas sebagai lanjutan atau sisa-sisa peninggalan ekonomi jaman kolonial seperti karet, kopi, teh, lada, tengkawang, timah, tembaga dan hasil tambang sejenis lainnya. Hal ini kemungkinan berlanjut menjadi kegiatan ekspor sekarang ini

2. Optimalisasi Laba

Selain menjual suatu produk dalam negeri, dengan ekspor, sebuah perusahaan mampu memperluas daerah penjualan sampai ke luar negeri, selain itu jenis barang yang ditawarkan menjadi tidak terbatas untuk konsumen dalam negeri saja

3. Penelusuran Pasar

Bagi perusahaan yang mempunyai pasar domestik yang kuat, ekspor merupakan peluang untuk melakukan diversifikasi pasar yang dapat memperkuat kedudukan komoditas yang diperdagangkan

dan tentu saja apa keuntungan menjadi eksporter?

  1. Meningkatkan keuntungan perusahaan dari sisi, profit margin produksi, selisih kurs, realisasi atas komponen biaya export
  2. Menurunkan biaya produksi,karena peningkatan pasokan atas pasar yang lebih luas, akan meningkatkan volume produksi dan biaya produksi per unit menjadi kecil.
  3. Ekspor akan mendiversifikasi resiko yang terjadi karena perubahan pasar dan situasi ekonomi yang sulit.
  4. Menjadi eksporter akan mendapatkan pengakuan secara Global.
  5. Struktur organisasi perusahaan yang simple
  6. Biaya operasional baik produksi dan promosi lebih murah daripada lokal  
Rekan rekan Menjual produk baik lokal dan ekspor intinya sama, jika produk Anda bisa di jual di pasar lokal, tentu saja ada kemungkin besar produk Anda juga bisa dijual ke luar negeri.

Jadi mari kita berpikir bahwa  pasar kita adalah lokal dan internasional ( baca:Teman teman UKM, jual produk Anda di Pasar Lokal dan Pasar Internasional sekaligus.)







 Mari jangan ragu ragu untuk ekspor.

Tetap semangat
 
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar