Negara negara yang mempunyai keunggulan mutlak ( Absolute Advantage) dan keunggulan perbandingan (Comparative Advantage) tidak hanya 1 atau 2 negara saja, tetapi ada beberapa negara. sebagai contoh keunggulan mutlak yang di miliki Indonesia adalah komoditi kopi. siapa saja negara penghasil kopi dunia ?
ada Brazilia,Vietnam,Ethiopia,Columbia,Mexico,Nicaragua dll. dengan sumber daya alam yang sama, maka akan tercipta persaingan ekspor masing masing negara penghasil kopi. Maka dibutuhkan kemampuan Daya Saing Ekspor untuk setiap negara tersebut.
Apa itu Daya Saing Ekspor?
Adalah kemampuan suatu
komoditi untuk memasuki pasar luar negeri dan kemampuan untuk dapat bertahan
dalam pasar itu.
Faktor
Faktor yang dapat menentukan tingkat daya saing suatu komoditi ekspor.
A.Faktor
Langsung
1. Mutu Komoditi
2. Biaya produksi
3. Ketepatan waktu
penyerahan
4.Intensitas promosi
5.Marketing Channel
6. Layanan purna jual
(after sales service)
B.Faktor
tidak langsung
1.Sarana pendukung ekspor
2. Incentive
3. Kendala tarif dan non tarif
4. Kondisi ekonomi global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar